Sahabat Yang Cerdas…

Kepompong PerSahabatan
Dunia kita, (remaja) adalah dunia yang njelimet. Nggak sedikit hal yang baru ditemukan dan dikaji lebih jauh oleh pribadi kita saat masa itu. Banyak penyakit remaja yang membuat hidup mereka terkadang sulit untuk di pahami dan mengalami drop diri. Tapi, semua itu akan selalu memiliki obat dan kunci untuk menyembuhkan, dan memahami tentang spesific hal tersebut, yaitu dengan CINTA. Sinergi apa yang bisa Cinta berikan untuk remaja????
Di suatu negara kepompong…. ada sekelompok Buteply yang berkawan, bersahabat penuh sukacita. Persahabatan mereka sangat menarik dan serasi menyedot perhatian,  karena mereka mempesona, elok sayapnya, indah geraknya, memberi sinergi dan aura positif pada yang melihatnya dan kekompakan tarian mereka membuat bunga – bunga berdecak kagum. Namun, seketika persahabatan mereka roboh dan akhirnya kesedihan menyelimuti semusim perjalanan persahabatan mereka. MENGAPA ???? karena terdapat sebuah duri dalam persahabatan mereka. Seorang buterply cantik salah satu diantara mereka tak mengetahui cinta dalam persahabatan. Ia sombong, egois, dan berbuat semaunya sendiri, berbicara seenak hatinya hingga membuat tangis air mata, dan ia tidak ingin mengikuti keinginan persahabatannya, namun sahabatnya yang harus selalu beradaptasi dengan kondisi jiwanya. Hal tersebut membuat sahabat – sahabatnya menjadi enggan berteman dengannya.
Naah.. kalo kita jadi buteply tersebut gimana ??? atau kita jadi sahabat buteply tersebut. Memiliki teman egois, sombong, bebuat semaunya, dan d el el el…. pasti nggak Mau kan jadi buteply cantil tapi kayak gitu ¿??? So…. Baca dan pahami hal berikut???
Cintai perubahan …..
Hal yang negatif dalam diri seseorang akan selalu melekat jika tidak ada usaha untuk berubah. Semisal selama ini teman – teman selalu menganggap kamu Si Karet karena selalu telat, atau Si pemarah karena cepat marah, Si politikus karena sering mengkritik apapun. Dan, teman – teman kita hafal dengan hal tersebut, prasangka yang melekat dalam hati mereka adalah seperti yang selama ini di otak mereka, dan hal tersebut disebut dengan Paradigma. Jika paradigma itu tidak diubah, dan tidak ada usaha untuk mengubah, maka hal tersebut akan selamanya menempel pada fikiran orang lain. Jika tidak ingin di anggap seperti itu maka kita harus mencintai perubahan. Tidak semua hal yang selama ini kita pakai, kita fikir, sesuai dengan keadaan, inovasi dalam diri kita harus selalu dilakukan setiap berinteraksi dengan mahluk yang lain. Bumi yang sudah tua saja berubah setiap menit, bahkan detik, seperti halnya lingkungan pergaulan kita.
Cinta Pribumi…..
Jika kamu bak seorang ratu, yang selalu di puja dan di manja, kemudian menjadikan sikap egois tertanam dalam batin dan raga. Dalam kamus besar bahasa Indonesia, sifat orang yang egois itu di sebut egosentrisme. Artinya, sifat dan kelakuan yang selalu menjadikan diri sendiri sebagai pusat. Sifat itu biasanya menjamur oleh beberapa sebab, seperti anak tunggal,  atau karena memiliki kelebihan dibanding yang lain, pintar, cantik, kayak dsb, dll,dst. Akibatnya, kita ingin menang sendiri, tidak perduli terhadap orang lain. Agak susah memang menyadari sifat tersebut. Tapi, jika sering mengintropeksii diri, hal tersebut dapat di tangkap dengan adanya gejala kusak kusuk di antara para sahabat. Berusaha mengikis sifat egois itu bukan berarti kita merendahkan diri,justru kita akan menjadi orang yang rendah hati..Jadilah orang yang berbaur dan memahami orang lain, jangan sampai teman – temanmu kemudian meninggalkanmu karena setan Egois.  Berubahlah, maka dunia akan tersenyum kepadamu. Bukalah tanganmu untuk behubungan dengan orang lain. Kita harus ingat bahwa muslim itu adalah rahmatan lil’alamin. Artinya, bermanfaat bagi lingkungannya.
Kenalan Dengan Emosi….
Apa si emosi itu ??? kalau kamu sering chating ada banyak emoticont pilihan, nah itu dia bentuk emosi tersurat, ada sedih, marah, kecewa, dsb. Semua emosi itu memiliki andil untuk kita. Berusaha menjadi orang yang memiliki emosi yang cerdas, harus diawali dengan mengenal diri sendiri. Lingkuan persahabatan menuntut mengingnkan kita menjadi pemilik emosi cerdas dan tidak mudah menyakiiti hati orang lain.
Aku Vs Kamu : Daerah bebas membandingkan
Apa Kunci sukses mengoven kue hingga kue tersebut mengembang dengan baik ????? kunci suksesnya ialah jangan sering membuka oven tersebut. Begitu pula dnegan etikat bergaul semakin sering kita membuka oven kita untuk membandingkan dengan orang lain, dan selalu menganggap kue kita yang mengembang paling baik, sedang yang lain bantet, maka jangan harap juga kue pertemanan kita dengan sahabat kita kan mengembang. Karena selalu kita cela dan kita caci, bukankah Nabi Muhammad SAW, selallu mengajari kita untuk rendah hati, dan tidak membuka keburukan orang lain. Jika kita selalu bertindak seperti itu, dikhawatirkan sahabat kita akan drop PD atau menjadi berubah membenci kita. Jadi, sedikit koreksi diri saat ingin membuka oven orang lain.
Cintai Kepompong
Metamorfosa sempurna seekor kupu – kupu berasal dari telur => ulat => Kepompong => kupu – kupu.  Cintai asal kita, cintai keburukan kita, karena dengan hal itu kita tidak mudah sombong jika kita kemudian berubah menjadi buteply yang cantik dan disegani oleh orang lain. Cintai asal kita, jika berasal dari ulat yang di takuti orangm kemudian menjadi dewi yang cantik nan rupawan, jangan sampai hal tersebut membuat kita tidak menghargai ulat lain, atau telur lain. Allah menciptakan kita dengan kekurangan dan kelebihan kita, jika kita bangga dengan kelebihan kita dan membiarkan kekurangan kita, maka kekurangan itu akan semakin menggerus kelebihan kita.
Cintai Persahabatan …..
Sahabat, dimanapun berada carilah sahabat agar engkau tak sendirian. Sahabat bak lilin di kegelapan, layaknya pelangi setelah hujan, seperti kegembiraan disaat muram menghadang. Allah selalu memberikan kita jalan untuk dapat berkomunikasi dengan orang lain, Nabi selalu memiliki sahabat yang baik bahkan di saat perang menghadang dan musuh mngeincar nyawanya. Apalagi, kita mahkluk biasa, jika kita berlebih di Banding yang lain, hal tersebut tak menjamin kita berlebih dibanding orang lain yang kurang. Cintai, sayangi, hargai sahabat kita, jika ingin bahagia dan bersuka cita. Jadikanlah tali persaudaraan itu selalu terbina sepanjang masa. Cintai sahabatmu selayaknya Allah mencintaimu, maka kebahagiaan akan jatuh tak jauh darimu, maka matahari dimatamu akan bersinar sepanjang waktu, dan airmata haru membanjiri detik detik kepuasan akan nikmat karena memiliki sahabat yang baik seperti mereka. Semut lebih suka bersahabat bersama, dibanding sendiri, burung kapinis lebih memilih terbang bersinergi bersama dibanding sendiri. Jika kau mencintrai sahabatmu, maka sahabat juga akan mencintaimu. Take and GIve… ? ?

manusia yang paling lemah ialah orang yang tidak mampu mencari teman. namun yang lebih lemah dari itu ialah orang yang mendapat banyak teman namun menyia-nyiakanya. (Ali bin Abu Thalib)

One thought on “Sahabat Yang Cerdas…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s