Kolaborasi ‘Penyajian Tari’ Greget Semarang dan ISI Surakarta

Semarang, Jum’at (14/9) Museum Ranggawarsito Semarang dipenuhi aroma kental budaya dengan diselenggarakannya ‘Penyajian Tari’. Pasalnya malam itu Sanggar Tari Greget Semarang dan Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta berkolaborasi menyelenggarakan pementasan tari jawa yang dibawakan oleh penari anak – anak sampai dewasa.

Pithik Tukung, Golek Tirtokencono, Jaipong, Gambyong Widyatama adalah beberapa tari yang dipentaskan malam itu. Pembina Sanggar Greget, Yoyok Priyambodo mengaku sangat senang dalam kerja sama dengan ISI Surakarta, “kesenian kita adalah yang terbaik di dunia,  kami sangat terbuka kepada semua pihak yang ingin menularkan ilmu agar budaya kita tetap lestari, mari bersama nguri nguri budaya sendiri,” jelas beliau dalam pembukaan penyajian tari yang dimulai pukul 19.00 WIB.


(Foto oleh : Yuyun)

Semakin Global Semakin Lokal

“Kerja sama ini adalah bagian dari program pengabdian ISI kepada masyarakat dengan mencoba memberikan pembinaan, dan pengembangan konservasi. Kami menawarkan isu lokal untuk menghadapi global,” tutur Prof. Dharsono, M.Sn, Guru Besar bidang Ilmu Estetika Seni ISI Surakarta.

Apresiasi pengunjung dengan penyajian tari tersebut cukup besar, hal ini bisa ditunjukkan dengan banyaknya  pengunjung yang hadir, mulai dari orang tua murid Sanggar Tari Greget, warga Semarang bahkan beberapa mahasiswa asing. “Budaya Indonesia yang bermacam – macam sangat menarik dan bagus, saya senang melihatnya,” kesan  Cinthia seorang mahasiswa asing dari Vietnam yang sedang  mengikuti Program  Darmasiswa di Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Undip.

Selain bulan September ini, rencananya penyajian tari hasil kerja sama ISI Surakarta dan Sanggar Greget Semarang juga akan digelar bulan Desember mendatang. (Arfika, Naila,Yuyun, Anya, Devi)

 

Penulisan PR 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s